Pakan Ayam

Pakan Ayam Murah Berkualitas

Pakan ayam murah berkualitas secara nutrisi serta hasil sangat didambakan oleh semua peternak dimana pun berada.

Budidaya Ayam Kampung
Budidaya Ayam Kampung

Sekilas mengenai jenis ayam yang sangat digemari oleh masyarakat kita, diantaranya :

Ayam kampung (Gallus domesticus) merupakan sebutan ayam lokal Indonesia yang merupakan keturunan ayam hutan merah (Gallus gallus) dan ayam hutan hijau (Gallus varius). Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang terkenal di Indonesia. 

Keunggulan Ayam Kampung

Ayam kampung dapat sebagai penghasil daging dan juga telur. Beberapa keunggulan ayam kampung, yaitu lincah, aktif bergerak, tahan penyakit, mampu bertahan pada manajemen yang kurang dan nutrien pakan rendah, serta tidak mudah stres. Selain itu, ayam kampung memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang tinggi, yaitu seperti kemampuan menyesuaikan diri berbagai situasi, kondisi lingkungan dan perubahan iklim yang cepat.

Kebutuhan Nutrisi Ayam Kampung

Sebagai makhluk hidup tentunya ayam kampung membutuhkan pakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Energi, protein, dan asam amino dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup pokok maupun produksi. Setiap ras atau jenis ayam tentu memiliki kebutuhan nutrien yang berbeda. Faktor genetik yang berbeda menyebabkan kebutuhan nutrisi juga berbeda.

Energi pada Ayam Kampung

Kebutuhan energi pakan untuk ayam kampung perlu diperhatikan dengan sangat teliti, karena energi sangat penting untuk semua proses kehidupan, seperti menggerakan sirkulasi darah, penyerapan zat-zat makanan, keperluan pernapasan, pengaturan suhu tubuh dan lainnya. Ayam kampung dapat menghasilkan bobot terbaik dengan asupan energi pakan sebesar 2900 kkal/kg. Penyesuaian energi pakan untuk ayam kampung dapat dilakukan hingga 2750 kkal/kg untuk mendapatkan bobot badan, konsumsi pakan, dan konversi pakan yang bagus dan biaya yang cukup rendah.

Kebutuhan Protein Kasar

Sementara, kebutuhan protein kasar ayam kampung sebesar 18-19%. Besarnya kandungan protein kasar pada pakan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bobot badan ayam kampung. Protein sendiri kerjanya berpengaruh terhadap fungsi sel tubuh dan produktifitas seperti pertumbuhan otot, lemak, tulang dan telur.

pakan ayam murah berkualitas
sampel Pakan Ayam Murah Berkualitas

Kebutuhan Asam Amino

Kebutuhan asam amino seperti lisin dan metionin untuk ayam kampung cenderung lebih rendah dibanding dengan ayam broiler. Ayam kampung membutuhkan lisin sebesar 2,6-3,0 g/Mkal, ini lebih rendah dibandingkan kebutuhan lisin ayam broiler yang sebesar 2,66 – 3,75 g/Mkal untuk umur 9 minggu dan lebih tinggi bila dibandingkan ayam layer sebesar 2,07 – 2,93 g/Mkal untuk umur 0-14 minggu.

Lisin merupakan asam amino yang sangat penting bagi tubuh. Lisin berperan terhadap pertumbuhan ayam. Fungsi lainnya, yaitu membantu proses penyerapan kalsium dari tulang ke massa otot. Sementara untuk kebutuhan metionin ayam kampung sebesar 0,3 – 0,5%. Metionin berperan terhadap sintesis protein.

Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Broiler

Pertumbuhan ayam kampung berbeda dengan ayam broiler. Pertumbuhan ayam kampung lebih lambat dibanding broiler. Ayam kampung membutuhkan pakan 2,8 – 3 kg untuk mencapai bobot 1 kg, sedangkan Broiler hanya membutuhkan pakan 1,2 – 1,4 kg pakan untuk mencapai bobot 1 kg.

Banyak dan panjangnya vili usus broiler yang menyebabkan tingginya efisiensi pakan dibandingkan dengan ayam kampung. Penggunaan pakan ayam broiler untuk ayam kampung diperbolehkan selama kandungan nutriennya dapat mencukupi serta perlu dipertimbangkan tingkat ekonominya.  

Konsultasikan Spesifikasi Pakan Ayam dengan Kami

Jangan ragu untuk mendapatkan informasi dan produk pakan ayam murah berkualitas yang sesuai dengan jenis budidaya ayam anda dengan harga yang cukup bersaing dan tentunya dengan kualitas yang sangat baik.

Segera dapatkan hasil panen baik dengan biaya pakan yang cukup rendah sehingga menghasilkan margin keuntungan yang cukup tinggi

Jenis Pakan Ayam Murah Berkualitas Kami

Pakan Anak Ayam Pedaging (Starter)

  • Periode Umur 1-21 hari
  • Asam Amino yang optimal dan keseimbangan energi
  • Pembentukan tulang dan akselerasi pertumbuhan bobot (body weight)
  • Target bobot (body weight) umur 21 hari mencapai 950 gram
  • Sering mengecek kondisi kandang dan ayam
  • Masa pembentukan tulang tubuh ayam (Skeleton formation)
  • Fokus pada pertumbuhan tinggi badan

Pakan Penggemukan Ayam Pedaging (Grower)

  • Periode Umur 22 hari – panen.
  • Formulasi nutrisi dengan kepadatan tinggi untuk meningkatkan feed intake.
  • Pembentukan kerangka tubuh sudah selesai dan penambahan bobot (body weight)
  • Meningkatkan kualitas daging.
  • Waktu pertambahan bobot maksimum.
  • Mengamankan jumlah dan space feeder, hindari penggumpalan.
  • Kontrol feeder dan watering.
  • Kontrol penyakit pernafasan dan pencernaan.
  • Penimbangan harian.
  • Penanganan panen yang hati-hati.

spesifikasi pakan ayam produksi kami

Konsultasikan, Pilih Spesifikasi, Kami yang Produksi

Please Share: